Pages

Selasa, 25 Februari 2014

CONTOH PIDATO TENTANG HANDPHONE DAN PENGARUHNYA BAGI PELAJAR


CONTOH PIDATO TENTANG HANDPHONE DAN PENGARUHNYA BAGI PELAJAR 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Negeri 20 Malang, Ibu Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd. Yang terhormat bapak ibu guru SMP Negeri 20 Malang. Serta teman-teman sekalian yang saya cintai. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal’afiat. Dalam kesempatan ini saya akan membawakan sebuah pidato tentang “Handphone dan Pengaruhnya”.
Semoga shalawat dan salam tetap terlimpahkan kepada junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW  karena lantaran beliaulah, sehingga kita memperoleh pendidikan agama Islam, yang mana dengan agama Islamlah kita bisa membedakan antara perkara yang haq dan yang batil
Hadirin, dunia pelajar saat ini seakan tidak bisa lepas dari tehnologi komunikasi, khususnya penggunaan  telephone genggam atau handphone. Kita tahu, bahwa awalnya handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang benar-bemar membutuhkannyademi kelancaran pekerjaan mereka, contohnya pengusaha yang hrus rutin mengontrol perusahaannya setiap saat. Disini jelas bahwa handphone sangat membantu meringankan pekerjaan, tempat yang jauh bukan lagi menjadi kendala untuk mengetahui kondisi yang perlu diketahui. Namun, seiring perkembangan jaman, handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan, Baik yang benar-benar membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan, termasuk didalamnya adalah para pelajar.
Teman-temanku, saat ini pelajar SMP maupun SMA telah diperbolehkan membawa handphone ke sekolah. Memang, di era globalisasi ini banyak  pelajar yang menggunakan handphone dalam kegiatan sehari-harinya. Contohnya mencari informasi lewat fasilitas internet yang ada di handphone. Selain itu juga sebagai sarana hiburan, seperti permainan ataupun mendengarkan lagu/musik. Jadi, handphone saat ini bukan lagi sekedar sebagai alat untuk berkomunikasi, tetapi juga merupakan alat mencipta dan menghibur, baik dengan suara, tulisan, gambar, dan video. Dapat dikatakan, bahwa handphone mempunyai multifungsi.
Teman-temanku, sebenarnya kalau kita mau kaji lebih jauh, penggunaan handphone itu seperti dua sisi mata uang. Satu sisi menguntungkan satu sisi merugikan. Menguntungkan atau merugikan itu tergantung pada setiap individu yang menggunakannya. Untuk itulah perlunya penggunaan handphone secara bijak dan pada tempatnya.
Teman-temanku sekalian, tugas utama kita sebagai pelajar adalah belajar. Artinya jika waktu yang telah ditetapkan untuk kita harus belajar, seperti jam-jam di kelas, maka kita harus menanggalkan handphone dari tangan kita. Jangan kita mencuri-curi kesempatan, guru menerangkan kita yang seharusnya mendengarkan malahan sibuk memainkan jari-jari kita diatas tuts handphone. Selain kita rugi tidak mendapat ilmu, kita juga berdosa karena telah meremehkan guru yang telah susah payah menerangkan. Bukankah itu hal yang tak adil untuk guru kita?
Teman-temanku, hampir tidak ada orang yang tidak suka dengan game atau permainan, karena srelain menghibur, permainan juga bisa mengurangi rasa jenuh setelah seharian belajar atau bekerja. Suka itu manusiawi, tetapi janganlah membuat kita jadi kecanduan. Berbahaya ! Karena kalau kita sampai kecanduan, artinya syaraf-syaraf otak kita telah terjangkit penyakit Gamesydrom. Akibatnya, dipikiran kita, hanya bermain game saja yang kita perlukan tidak ada hal lain. Hal-hal seperti belajar, membantu orang tua, mengerjakan tugas, dan lain lain menjadi tak penting lagi bagi kehidupan kita. Bukankah itu berbahaya bagi kita sebagai generasi muda?
Teman-temanku, sebenarnya tidak sedikit juga teman-teman di sekitar kita yang telah terjangkit gamesyndrom itu. Pada kesempatan ini saya menghimbau, perangilah game syndrom ! Caranya? Jika bukan seorang yang tergila-gila banget dengan permainan game di handphone, ya alhamdulillah. Tetapi bukan berarti kita tetap diam saja. Kita ajak teman yang terjangkit GS itu untuk melakukan hal lain, baca buku, mengobrol, atau membahas PR dari guru.
Teman-temanku sekalian, handphone selain menjadi kebutuhan saat ini, ternyata handphone juga telah menjadi gaya hidup bagi anak muda. Mereka saling bersaing mempunyai handphone yang mempunyai fasilitas-fasilitas yang lengkap. Bagi anak yang berasal dari kelauarga mampu, hal ini mungkin tak masalah. Lain halnya bagi anak yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Jika anak itu tidak bisa bersikap bijaksana, maka bisa menimbulkan perbuatan-perbuatan yang tercela, demi mendapatkan handphone. Rermaja seperti itu biasanya merasa gengsi kalau tidak mempunyai handphone atau mempunyai handphone tapi yang biasa-biasa saja. Padahal kita tahu, handphone selalu berhubungan dengan pulsa, jika pulsa habis, maka mau tidak mau kita harus mengisinya alagi agar dapat digunakan kembali. Jika seorang remaja tidak bijak, maka pulsa akan habis hanya untuk internet atai sms-an yang gak penting.
Teman-temanku, dari semua yang telah saya katakan tadi, jelas bahwa handphone mempunyai pengaruh positif dan negatif. Apapun pengaruhnya tetap bergantung pada pemakainya. Sebagai bagian dari generasi muda, maka sekali lagi saya menghimbau teman-teman, janganlah  kita menjadi hamba handphone, justru kita yang harus bisa memanfaatkan handphone, tentunya dengan tepat dan bijaksana.
 Sekian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Sebagai seorang pelajar yang masih taraf belajar, maka saya menyadari apa yang saya sampaikan tadi masih jauh dari sempurna. Untuk itu mohon maaf bila ada kesalahan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

19 komentar:

  1. Kalo perlu gak usah pasang musik. Malah jadi ganggu. Thanks

    BalasHapus
  2. Kalo perlu gak usah pasang musik. Malah jadi ganggu. Thanks

    BalasHapus
  3. Terlalu banyan menggunakan team temanku

    BalasHapus
  4. Terlalu bagus anjay pidato nya

    BalasHapus
  5. Sangat membantu sekali.penjelasannya konkret dan menyeluruh. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Coba gw hafalin sp tau bisa 😉

    BalasHapus
  7. Coba gw hafalin sp tau bisa 😉

    BalasHapus
  8. assalamualaikum ga jawab kita pacaran

    BalasHapus
  9. AKEH MENAN JAN YO RA KUAT SENG NULIS YA
    MBOK SENG PERASAAN NGONO KARO PELAJAR MOSOK MEMBERI TUGAS KOK AKEH RA UMUM KOYO SI MURID DIBAYAR��

    BalasHapus
  10. Artikel nya bagus dan bermanfaat.
    Izin Share Kak
    https://catatan-azis2.blogspot.com/2022/01/soal-utbk-sosiologi-dan-jawabannya.html

    BalasHapus