Pages

Selasa, 25 Februari 2014

BAB III PENUTUP KTI "PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 MALANG"


BAB III
PENUTUP
            Dalam bab penutup ini penulis memaparkan simpulan dan saran.
3.1 Simpulan
Lingkungan di sekitar anak merupakan faktor utama yang mempengaruhi perkembangan jiwa dan prestasi belajar anak ( siswa ). Pentingnya pendidikan anak di lingkungan keluarga menjadikan keluarga mempunyai pengaruh yang terhadap keberhasilan anak. Cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar kebudayaan juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Dalam meningkatkan hasil belajar diperlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa. Kenyataan yang ada sekarang ini adalah orang tua cenderung menyerahkan proses pembelajaran siswa sepenuhnya kepada sekolah. Orang tua siswa terlalu sibuk dengan pekerjaannya yang menyebabkan kurangnya perhatian yang mereka berikan dan cenderung acuh terhadap kegiatan belajar anak. Seseorang dididik dan dibimbing dalam keluarga yang kurang kasih sayang dan kurang perhatian, maka siswa tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang nakal dan pemalas.
Dalam proses belajar mengajar guru sering memberikan tugas mengerjakan soal-soal latihan kepada siswa baik yang dikerjakan dikelas maupun dikerjakan dirumah. Namun, usaha siswa belum optimal dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Memberikan soal-soal latihan saja tidak cukup untuk
membantu siswa memperoleh prestasi belajar tinggi jika tidak didukung dari lingkungan keluarga yang kondusif.
Adapun pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar anak misalnya :
  1. Anak akan menjadi kepribadian yang unik karena sering bersosialisasi dengan berbagai karakter individu.
  2. Anak juga akan tumbuh menjadi kepribadian yang kritis.
  3. Lingkungan yang baik akan membawa anak  tersebut tumbuh menjadi anak yang baik  pula misalnya seorang anak yang bergaul dengan anak-anak yang  paham akan nilai dan norma , ia akan menjadi anak yang taat terhadap norma dan tau batasan-batasan pergaulan.
  4. Anak yang bergaul bersama anak-anak yang pintar dan disiplin , akan  membentuk anak ini menjadi anak yang disiplin pula dan tidak mengabaikan kewajiban sekolahnya
            Dan ada pun hal lain yang mempengaruhi prestasi siswa yaitu, motivasi dan potensi diri.   Motivasi  adalah dorongan atau dukungan  untuk mencapai  atau melakukan sesuatu, motivasi di bagi menjadi dua , motivasi internal yaitu motivasi yang  berasal dari dalam diri manusia itu sendiri, sedangkan motivasi eksternal yaitu  dukungan yang berasal dari luar misalnya dari teman, orang tua, dan guru.
Potensi diri merupakan kemampuan seseorang pada bidang tertentu yang apabila di tekuni, dan terus diasah,kemudin mendapatkan motivasi dari orang tua, orang –orang di sekitarnyanya, dan di dukung pula dengan ligkungan yang positif akan menjadi sebuah prestasi
Jadi penulis dapat menyimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan oleh penulis sama dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh pada prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang.
3.2  Saran
3.2.1        Saran untuk Sekolah
Pihak sekolah agar melengkapi sarana prasarana bimbingan konseling untuk membantu siswa untuk memecahkan masalah yang ada keluarganya agar dari masalah keluarga tersebut tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa.
3.2.2        Saran untuk Guru
Guru bertindak aktif ketika melihat siswa yang bermasalah dengan nilai akademisnya atau masalah pelanggaran di sekolah. Berdasarkan permasalahan yang telah digali, guru dapat mengajak sharing, baik siswa maupun orang tua siswa. Guru juga seharusnya lebih meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah, misalnya memberikan materi yang menarik seperti kiat sukses dalam belajar dan juga memberikan simulasi- simulasi yang dapat membangkitkan minat siswa untuk dapat mencapai prestasi yang optimal.
3.2.3        Saran untuk Orang tua
Orang tua diharapkan dapat memberikan dorongan belajar untuk anaknya dan orang tua juga harus sering menanyakan perkembangan anaknya dalam belajar di sekolah misalnya ketika anak pulang sekolah atau anak sedang ada di rumah hendaknya orang tua menanyakan bagaimana perkembangan anak belajar di sekolah terutama tentang mata pelajaran yang dipelajarinya sekaligus memberika dorongan kepada anak untuk belajar. Orang tua juga perlu memberikan kesempatan kepada anak dalam mengemukakan pendapat dalam mengambil keputusan misalnya ketika anak memiliki suatu keinginan yang terkait dengan sekolahnya, orang tua harus bisa menghargai keputusan anak dan selama hal itu baik untuk dilakukan oleh anak. Orang tua juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggalnya, jika lingkungan sekitar tempat tinggal sering bising dan ribut agar anak tidak terganggu belajar di rumah maka sebaiknya orang tua menyediakan ruangan khusus untuk tempat anak belajar yang letaknya jauh dari tempat yang bising dan ribut. Agar anak bisa lebih konsentrasi dalam belajar.
3.2.4        Saran untuk Siswa
Siswa diharapkan tidak menjadikan permasalahan yang ada dalam keluarga sebagai penghambat untuk maju dan berprestasi di sekolah. Siswa hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar yang dilaksanakan oleh sekolah serta dapat meningkatkan terhadap penguasaan materi pelajaran





DAFTAR RUJUKAN
Materi mengenai tema karya tulis ini, diperoleh oleh penulis dengan mengakses di internet dan buku :
1.      Ali, Asrori, 2012. Psikologi Remaja – Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Bumi Aksara (dilihat pada tanggal 20 Desember 2013 pukul 13.00 WIB)
2.      ejournal.unp.ac.id   (diakses pada tanggal 5 Januari 2014 pukul 18.00 WIB)
3.      gubukhukum.blogspot.com  (diakses pada tanggal 6 Januari 2014 pukul 13.00 WIB)
4.      Santrock, John. 2007. Remaja.Jakarta:Erlangga (dicari pada tanggal 12 Desember 2013 pukul 13.00 WIB)
5.      staff.uny.ac.id  (diakses pada tanggal 21 Desember 2013 pukul 16.00 WIB)
6.      wanitayangberbahagia.wordpress.com (diakses pada tanggal 20 Desember 2013 pukul 12.00 WIB)
7.      www.pendidikankarakter.com  (diakses pada 21 Desember 2013 pukul 14.00 WIB)
8.      www.psychologymania.com  (diakses pada tanggal 20 Desember 2013 pukul 12.00 WIB)
9.      loissa.blogspot.com  (diakses pada tanggal 5 Januari 2014 pukul 14.00 WIB)
10.  12013pus.blogspot.com  (diakses pada tanggal 7 Januari 2014 pukul 19.00 WIB)
LAMPIRAN
DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA
1)        Daftar Wawancara Orang Tua
1.        Apakah peran bapak / ibu terhadap perkembangan prestasi anak bapak /ibu ?
2.        Bagaimana sikap bapak / ibu terhadap anak bapak / ibu yang prestasi belajarnya menurun ?
3.        Bagaimana bentuk dukungan anda terhadap perkembangan prestasi anak bapak / ibu ?
4.        Bagaimana cara bapak / ibu dalam mengatur pembelajaran anak bapak / ibu ketika dirumah ?
5.        Bagaimana bapak / ibu menciptakan lingkung keluarga yang dapat mendukung perkembangan prestasi belajar anak bapak / ibu ?
6.        Menurut bapak / ibu lingkungan keluarga seperti apa yang dapat mendukung perkembangan prestasi belajar anak bapak / ibu ?
7.        Menurut bapak / ibu faktor-faktor apa yang dapat menurunkan prestasi belajar anak ?
8.        Apakah sebagai orang tua bapak/ibu memberi sanksi kepada anak bapak/ibu jika prestasi belajar anak bapak/ibu menurun ? Jelaskan ?
9.        Menurut Bapak / Ibu bagaimana cara mempertahankan prestasi anak agar tidak menurun ?
10.    Bagaimana cara Bapak/Ibu meningkatkan prestasi belajar anak ?
Jawaban :
1.        Memberikan motivasi dan dukungan terhadap proses belajarnya
2.        Dicari penyebabnya dahulu. Jika ada masalah timbul dari dalam diri anak maka dicari solusi dari penyebabnya dan jika masalah timbul dari lingkungan sekolah , maka orang tua memberi usulan ke sekolah yang bersangkutan
3.        Mengawasi proses belajar, memantau perkembangan prestasinya di sekolah,
4.        Mengatur jadwal belajar, mengatur jam bermain dan menonton TV
5.        Bersikap demokratis untuk mencari kebaikan dan kekurangan contohnya membicarakan hasil belajar di sekolah, membicarakan tugas-tugas di sekolah
6.        Lingkungan keluarga yang harmonis dan demokratis
7.        Lingkungan keluarga yang banyak konflik/masalah, kurangnya motivasi dan kemauan untuk belajar, kurangnya sarana dan prasarana belajar
8.        Ya, misalnya mengurangi uang saku untuk beberapa waktu sampai ada perbaikan prestasi belajarnya
9.        Tetap menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, demokratis dan tetap menjalin komunikasi sehat antara anak dan orang tua
10.    Tetap memotivasi anak untuk belajar giat, menyarankan untuk les tambahan di luar sekolah
2)        Daftar Wawancara Siswa
1.        Apakah menurut Anda lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ?
2.        Mengapa lingkungan keluarga bisa mempengaruhi prestasi belajar ?
3.        Apa ciri-ciri anak yang mengalami masalah dalam lingkungan  keluarga ?
4.        Bagaimana seharusnya sikap seorang anak untuk menyikapi masalah dalam keluarga agar tidak mempengaruhi prestasi belajar ?
5.        Apa saran Anda terhadap generasi muda dalam rangka meningkatkan prestasi belajar terutama yang berhubungan dengan lingkungan keluarga ?
6.        Apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar yang mempertimbangkan seorang siswa dan keluarga ?
7.        Menurut Anda bagaimana seharusnya sikap orang tua mengatur anaknya agar berprestasi dalam belajarnya ?
8.        Bagaimana pendapat Anda mengenai usaha/upaya orang tua untuk mengembangkan komitmen terhadap tugas dalam rangka meningkatkan prestasi belajar ?
9.        Bagaimana bentuk dukungan keluarga Anda terhadap Anda dalam rangka pengembangan potensi akademik Anda ?
10.    Menurut Anda, bagaimanakah lingkungan keluarga yang harus diciptakan agar mendukung perkembangan prestasi belajar Anda ?



Jawaban :
1)        Dari kelas 7 yang bernama Fandi Pramono kelas 7C:
1.        Tidak, karena walaupun lingkungan keluarga sedang tidak tentram, prestasi belajar saya masih dalam keadaan baik-baik saja
2.        Tidak, karena masalah keluarga hanyalah hal yang dapat menghalangi prestasi belajar, jadi saya masih bisa terus belajar dengan baik
3.        Wajah tidak ceria , lemas, malas melakukan sesuatu
4.        Sikap yang saya lakukan dalam menyikapi masalah keluarga adalah meninggalkan masalah-masalah keluarga agar bisa meningkatkan prestasi belajar
5.        Cara saya meningkatkan prestasi belajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh, mencari ilmu pengetahuan yang baru, membaca buku pelajaran berdoa, sholat dan lain-lain
6.        Yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar adalah niat belajar, ketekunan dalam belajar
7.        Dengan cara terus mendukung anaknya untuk belajar, memotivasi anaknya supaya lebih tekun belajar
8.        Pendapat saya usaha orang tua untuk mengembangkan prestasi belajar anaknya dengan cara membiayai anaknya untuk sekolah dan mendoakan anaknya agar terus belajar sehingga anaknya bisa meningkatkan prestasi belajarnya
9.        Bentuk dukungan keluarga saya adalah orang tua saya terus memotivasi saya agar saya tetap belajar dan terus mendoakan saya
10.    Lingkungan keluarga yang diciptaka agar mendukung perkembangan prestasi belajar adalah lingkungan keluarga yang damai, aman dan tentram.

2) Jawaban dari kelas 8 yang bernama Reza R.M kelas 8 D :
1.    Ya , karena segala sesuatu yang terjadi dalam suatu keluarga akan mempengaruhi karakter sikap dan perilaku seorang anak termasuk dalam rangka mencapai prestasi belajar
2.    Ya, karena saya merupakan bagian dari keluarga . Jika suatu masalah tidak dicari segera penyelesaiannya , maka hal ini bisa merambat pada masalah-masalah lain serta mempengaruhi pikiran setiap anggota keluarga termasuk prestasi belajar saya
3.    Tidak mau bersosialisasi, tugas-tugas sekolah terbengkalai, prestasi   akademiknya menurun
4.    Tetap ingat bahwa orang tua bekerja agar saya dapat bersekolah dan hidup layak
5.    Tetap menjalankan kewajiban belajar dengan sebaik mungkin dan mengikuti les –les tambahan untuk menambah wawasan soal
6.    Motivasi, kemauan dan kemampuan untuk maju dan mendapatkan yang lebih baik.
7.    Orang tua seharusnya selalu memotivasi, mendukung, dan memberikan fasilitas secukupnya untuk kelancaran dalam belajar
8.    Orang tua saya sudah berupaya seoptimal mungkin memotivasi dan mendukung prestasi belajar saya
9.    Mengawasi saya belajar, selalu memantau hasil evaluasi belajar di sekolah, memberikan peralatan sekolah yang diperlukan
10.  Lingkungan keluarga yang aman, nyaman


DAFTAR PERTANYAAN ANGKET
1.                  Apakah kedekatan Anda dengan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
2.                  Apakah konflik yang terjadi dalam keluarga Anda dapat mempengaruhi prestasi belajar anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
3.                  Apakah orang tua Anda sering melakukan pengawasan terhadap belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
4.                  Apakah orang tua  Anda memberi sanksi apabila prestasi Anda menurun ?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu 
5.                  Apakah lingkungan keluarga Anda dapat mempengaruhi prestasi belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
6.                  Apakah prestasi belajar Anda sudah didukung dengan lingkungan keluarga Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
7.                  Apakah waktu luang yang diberikan orang tua Anda dapat mempengaruhi prestasi /belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu


8.                  Menurut  Anda apakah tindakan orang tua yang otoriter bisa mempengaruhi prestasi belajar?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c.Ragu-Ragu
9.                  Apakah lingkungan keluarga yang aman dan nyaman dapat menunjang prestasi belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
10.               Bagi Anda, apakah keterbukaan orang tua terhadap anak dapat mempengaruhi prestasi belajar ?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
11.              Apakah orang tua Anda selalu mengingatkan Anda untuk belajar?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
12.              Apakah prestasi belajar Anda meningkat ketika lingkungan keluarga Anda tidak bermasalah?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
13.              Apakah prestasi belajar Anda menurun ketika lingkungan keluarga Anda kurang baik?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
14.              Apakah di lingkungan keluarga Anda pernah terjadi pertengkaran atau konflik?
a.       Pernah                               b. Tidak Pernah                       c.Ragu-Ragu
15.              Apakah pertengkaran atau konflik yang terjadi di keluarga Anda dapat mempengaruhi prestasi belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
16.              Apakah orang tua Anda sudah memotivasi Anda dalam meningkatkan prestasi belajar Anda ?
a.       Sudah                                b. Belum                                  c. Ragu-Ragu
17.              Apakah Anda selalu belajar tanpa diingatkan orang tua Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
18.              Hubungan yang terjalin dalam suatu keluarga, apakah dapat  berpengaruh terhadap  prestasi belajar Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
19.              Apakah  pola asuh orang tua dapat berpengaruh terhadap prestasi Anda?
a.       Ya                                     b. Tidak                                   c. Ragu-Ragu
20.              Apakah orang tua anda selalu mendukung Anda supaya mendapatkan prestasi yang baik?
a.       Ya                                     b. Tidak                                c. Ragu-ragu                                                       
 

0 komentar:

Posting Komentar