BAB III
PENUTUP
Dalam
bab penutup ini penulis memaparkan simpulan dan saran.
3.1
Simpulan
Lingkungan di sekitar anak merupakan faktor
utama yang mempengaruhi perkembangan jiwa dan prestasi belajar anak ( siswa ).
Pentingnya pendidikan anak di lingkungan keluarga menjadikan keluarga mempunyai
pengaruh yang terhadap keberhasilan anak. Cara orang tua mendidik, relasi antar
anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua
dan latar kebudayaan juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Dalam meningkatkan hasil belajar
diperlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa.
Kenyataan yang ada sekarang ini adalah orang tua cenderung menyerahkan proses
pembelajaran siswa sepenuhnya kepada sekolah. Orang tua siswa terlalu sibuk
dengan pekerjaannya yang menyebabkan kurangnya perhatian yang mereka berikan
dan cenderung acuh terhadap kegiatan belajar anak. Seseorang dididik dan
dibimbing dalam keluarga yang kurang kasih sayang dan kurang perhatian, maka
siswa tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang nakal dan pemalas.
Dalam proses belajar mengajar guru sering
memberikan tugas mengerjakan soal-soal latihan kepada siswa baik yang
dikerjakan dikelas maupun dikerjakan dirumah. Namun, usaha siswa belum optimal
dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Memberikan soal-soal latihan saja
tidak cukup untuk
membantu siswa memperoleh prestasi belajar
tinggi jika tidak didukung dari lingkungan keluarga yang kondusif.
Adapun pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap
prestasi belajar anak misalnya :
- Anak akan menjadi kepribadian yang unik karena sering bersosialisasi dengan berbagai karakter individu.
- Anak juga akan tumbuh menjadi kepribadian yang kritis.
- Lingkungan yang baik akan membawa anak tersebut tumbuh menjadi anak yang baik pula misalnya seorang anak yang bergaul dengan anak-anak yang paham akan nilai dan norma , ia akan menjadi anak yang taat terhadap norma dan tau batasan-batasan pergaulan.
- Anak yang bergaul bersama anak-anak yang pintar dan disiplin , akan membentuk anak ini menjadi anak yang disiplin pula dan tidak mengabaikan kewajiban sekolahnya
Dan ada pun hal lain yang
mempengaruhi prestasi siswa yaitu, motivasi dan potensi diri.
Motivasi adalah dorongan atau dukungan untuk mencapai atau
melakukan sesuatu, motivasi di bagi menjadi dua , motivasi internal yaitu motivasi
yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri, sedangkan motivasi
eksternal yaitu dukungan yang berasal dari luar misalnya dari teman,
orang tua, dan guru.
Potensi diri merupakan kemampuan seseorang
pada bidang tertentu yang apabila di tekuni, dan terus diasah,kemudin
mendapatkan motivasi dari orang tua, orang –orang di sekitarnyanya, dan di
dukung pula dengan ligkungan yang positif akan menjadi sebuah prestasi
Jadi penulis dapat menyimpulkan bahwa
hipotesis yang diajukan oleh penulis sama dengan hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh pada prestasi belajar siswa
SMP Negeri 20 Malang.
3.2 Saran
3.2.1
Saran untuk Sekolah
Pihak
sekolah agar melengkapi sarana prasarana bimbingan konseling untuk membantu
siswa untuk memecahkan masalah yang ada keluarganya agar dari masalah keluarga
tersebut tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa.
3.2.2
Saran untuk Guru
Guru bertindak aktif ketika melihat siswa
yang bermasalah dengan nilai akademisnya atau masalah pelanggaran di sekolah.
Berdasarkan permasalahan yang telah digali, guru dapat mengajak sharing, baik
siswa maupun orang tua siswa. Guru juga seharusnya lebih
meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah, misalnya
memberikan materi yang menarik seperti kiat sukses dalam belajar dan juga
memberikan simulasi- simulasi yang dapat membangkitkan minat siswa untuk dapat
mencapai prestasi yang optimal.
3.2.3
Saran untuk Orang tua
Orang tua diharapkan dapat memberikan
dorongan belajar untuk anaknya dan orang tua juga harus sering menanyakan
perkembangan anaknya dalam belajar di sekolah misalnya ketika anak pulang
sekolah atau anak sedang ada di rumah hendaknya orang tua menanyakan bagaimana
perkembangan anak belajar di sekolah terutama tentang mata pelajaran yang
dipelajarinya sekaligus memberika dorongan kepada anak untuk belajar. Orang tua
juga perlu memberikan kesempatan kepada anak dalam mengemukakan pendapat dalam
mengambil keputusan misalnya ketika anak memiliki suatu keinginan yang terkait
dengan sekolahnya, orang tua harus bisa menghargai keputusan anak dan selama
hal itu baik untuk dilakukan oleh anak. Orang tua juga perlu memperhatikan
lingkungan sekitar tempat tinggalnya, jika lingkungan sekitar tempat tinggal
sering bising dan ribut agar anak tidak terganggu belajar di rumah maka
sebaiknya orang tua menyediakan ruangan khusus untuk tempat anak belajar yang
letaknya jauh dari tempat yang bising dan ribut. Agar anak bisa lebih
konsentrasi dalam belajar.
3.2.4
Saran untuk Siswa
Siswa diharapkan tidak menjadikan
permasalahan yang ada dalam keluarga sebagai penghambat untuk maju dan
berprestasi di sekolah. Siswa hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar
yang dilaksanakan oleh sekolah serta dapat meningkatkan terhadap penguasaan
materi pelajaran
DAFTAR
RUJUKAN
Materi mengenai tema karya tulis ini,
diperoleh oleh penulis dengan mengakses di internet dan buku :
1.
Ali,
Asrori, 2012. Psikologi Remaja –
Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Bumi Aksara (dilihat pada tanggal 20
Desember 2013 pukul 13.00 WIB)
2.
ejournal.unp.ac.id (diakses pada tanggal 5 Januari 2014 pukul 18.00
WIB)
4.
Santrock,
John. 2007. Remaja.Jakarta:Erlangga
(dicari pada tanggal 12 Desember 2013 pukul 13.00 WIB)
6. wanitayangberbahagia.wordpress.com (diakses pada tanggal 20 Desember
2013 pukul 12.00 WIB)
LAMPIRAN
DAFTAR
PERTANYAAN WAWANCARA
1)
Daftar Wawancara Orang Tua
1.
Apakah
peran bapak / ibu terhadap perkembangan prestasi anak bapak /ibu ?
2.
Bagaimana
sikap bapak / ibu terhadap anak bapak / ibu yang prestasi belajarnya menurun ?
3.
Bagaimana
bentuk dukungan anda terhadap perkembangan prestasi anak bapak / ibu ?
4.
Bagaimana
cara bapak / ibu dalam mengatur pembelajaran anak bapak / ibu ketika dirumah ?
5.
Bagaimana
bapak / ibu menciptakan lingkung keluarga yang dapat mendukung perkembangan
prestasi belajar anak bapak / ibu ?
6.
Menurut
bapak / ibu lingkungan keluarga seperti apa yang dapat mendukung perkembangan
prestasi belajar anak bapak / ibu ?
7.
Menurut
bapak / ibu faktor-faktor apa yang dapat menurunkan prestasi belajar anak ?
8.
Apakah
sebagai orang tua bapak/ibu memberi sanksi kepada anak bapak/ibu jika prestasi
belajar anak bapak/ibu menurun ? Jelaskan ?
9.
Menurut
Bapak / Ibu bagaimana cara mempertahankan prestasi anak agar tidak menurun ?
10.
Bagaimana
cara Bapak/Ibu meningkatkan prestasi belajar anak ?
Jawaban :
1.
Memberikan
motivasi dan dukungan terhadap proses belajarnya
2.
Dicari
penyebabnya dahulu. Jika ada masalah timbul dari dalam diri anak maka dicari
solusi dari penyebabnya dan jika masalah timbul dari lingkungan sekolah , maka
orang tua memberi usulan ke sekolah yang bersangkutan
3.
Mengawasi
proses belajar, memantau perkembangan prestasinya di sekolah,
4.
Mengatur
jadwal belajar, mengatur jam bermain dan menonton TV
5.
Bersikap
demokratis untuk mencari kebaikan dan kekurangan contohnya membicarakan hasil
belajar di sekolah, membicarakan tugas-tugas di sekolah
6.
Lingkungan
keluarga yang harmonis dan demokratis
7.
Lingkungan
keluarga yang banyak konflik/masalah, kurangnya motivasi dan kemauan untuk
belajar, kurangnya sarana dan prasarana belajar
8.
Ya,
misalnya mengurangi uang saku untuk beberapa waktu sampai ada perbaikan
prestasi belajarnya
9.
Tetap
menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, demokratis dan tetap menjalin
komunikasi sehat antara anak dan orang tua
10.
Tetap
memotivasi anak untuk belajar giat, menyarankan untuk les tambahan di luar
sekolah
2)
Daftar Wawancara Siswa
1.
Apakah
menurut Anda lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ?
2.
Mengapa
lingkungan keluarga bisa mempengaruhi prestasi belajar ?
3.
Apa
ciri-ciri anak yang mengalami masalah dalam lingkungan keluarga ?
4.
Bagaimana
seharusnya sikap seorang anak untuk menyikapi masalah dalam keluarga agar tidak
mempengaruhi prestasi belajar ?
5.
Apa
saran Anda terhadap generasi muda dalam rangka meningkatkan prestasi belajar
terutama yang berhubungan dengan lingkungan keluarga ?
6.
Apa
saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar yang mempertimbangkan
seorang siswa dan keluarga ?
7.
Menurut
Anda bagaimana seharusnya sikap orang tua mengatur anaknya agar berprestasi
dalam belajarnya ?
8.
Bagaimana
pendapat Anda mengenai usaha/upaya orang tua untuk mengembangkan komitmen
terhadap tugas dalam rangka meningkatkan prestasi belajar ?
9.
Bagaimana
bentuk dukungan keluarga Anda terhadap Anda dalam rangka pengembangan potensi
akademik Anda ?
10.
Menurut
Anda, bagaimanakah lingkungan keluarga yang harus diciptakan agar mendukung
perkembangan prestasi belajar Anda ?
Jawaban :
1)
Dari kelas 7 yang bernama Fandi Pramono kelas
7C:
1.
Tidak,
karena walaupun lingkungan keluarga sedang tidak tentram, prestasi belajar saya
masih dalam keadaan baik-baik saja
2.
Tidak,
karena masalah keluarga hanyalah hal yang dapat menghalangi prestasi belajar,
jadi saya masih bisa terus belajar dengan baik
3.
Wajah
tidak ceria , lemas, malas melakukan sesuatu
4.
Sikap
yang saya lakukan dalam menyikapi masalah keluarga adalah meninggalkan
masalah-masalah keluarga agar bisa meningkatkan prestasi belajar
5.
Cara
saya meningkatkan prestasi belajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh,
mencari ilmu pengetahuan yang baru, membaca buku pelajaran berdoa, sholat dan
lain-lain
6.
Yang
dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar adalah niat belajar, ketekunan
dalam belajar
7.
Dengan
cara terus mendukung anaknya untuk belajar, memotivasi anaknya supaya lebih
tekun belajar
8.
Pendapat
saya usaha orang tua untuk mengembangkan prestasi belajar anaknya dengan cara
membiayai anaknya untuk sekolah dan mendoakan anaknya agar terus belajar
sehingga anaknya bisa meningkatkan prestasi belajarnya
9.
Bentuk
dukungan keluarga saya adalah orang tua saya terus memotivasi saya agar saya
tetap belajar dan terus mendoakan saya
10.
Lingkungan
keluarga yang diciptaka agar mendukung perkembangan prestasi belajar adalah
lingkungan keluarga yang damai, aman dan tentram.
2) Jawaban dari kelas 8 yang bernama Reza R.M kelas 8 D :
1. Ya , karena segala sesuatu yang terjadi dalam
suatu keluarga akan mempengaruhi karakter sikap dan perilaku seorang anak
termasuk dalam rangka mencapai prestasi belajar
2. Ya,
karena saya merupakan bagian dari keluarga . Jika suatu masalah tidak dicari
segera penyelesaiannya , maka hal ini bisa merambat pada masalah-masalah lain
serta mempengaruhi pikiran setiap anggota keluarga termasuk prestasi belajar
saya
3. Tidak
mau bersosialisasi, tugas-tugas sekolah terbengkalai, prestasi akademiknya menurun
4. Tetap
ingat bahwa orang tua bekerja agar saya dapat bersekolah dan hidup layak
5. Tetap
menjalankan kewajiban belajar dengan sebaik mungkin dan mengikuti les –les
tambahan untuk menambah wawasan soal
6. Motivasi,
kemauan dan kemampuan untuk maju dan mendapatkan yang lebih baik.
7. Orang
tua seharusnya selalu memotivasi, mendukung, dan memberikan fasilitas
secukupnya untuk kelancaran dalam belajar
8. Orang tua saya sudah berupaya seoptimal
mungkin memotivasi dan mendukung prestasi belajar saya
9. Mengawasi
saya belajar, selalu memantau hasil evaluasi belajar di sekolah, memberikan
peralatan sekolah yang diperlukan
10. Lingkungan keluarga yang aman, nyaman
DAFTAR
PERTANYAAN ANGKET
1.
Apakah
kedekatan Anda dengan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
2.
Apakah
konflik yang terjadi dalam keluarga Anda dapat mempengaruhi prestasi belajar
anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
3.
Apakah
orang tua Anda sering melakukan pengawasan terhadap belajar Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
4.
Apakah
orang tua Anda memberi sanksi apabila
prestasi Anda menurun ?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
5.
Apakah
lingkungan keluarga Anda dapat mempengaruhi prestasi belajar Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
6.
Apakah
prestasi belajar Anda sudah didukung dengan lingkungan keluarga Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
7.
Apakah
waktu luang yang diberikan orang tua Anda dapat mempengaruhi prestasi /belajar
Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
8.
Menurut Anda apakah tindakan orang tua yang otoriter
bisa mempengaruhi prestasi belajar?
a.
Ya b. Tidak c.Ragu-Ragu
9.
Apakah
lingkungan keluarga yang aman dan nyaman dapat menunjang prestasi belajar Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
10.
Bagi Anda, apakah keterbukaan orang tua
terhadap anak dapat mempengaruhi prestasi belajar ?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
11.
Apakah
orang tua Anda selalu mengingatkan Anda untuk belajar?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
12.
Apakah
prestasi belajar Anda meningkat ketika lingkungan keluarga Anda tidak
bermasalah?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
13.
Apakah
prestasi belajar Anda menurun ketika lingkungan keluarga Anda kurang baik?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
14.
Apakah
di lingkungan keluarga Anda pernah terjadi pertengkaran atau konflik?
a.
Pernah b. Tidak Pernah c.Ragu-Ragu
15.
Apakah
pertengkaran atau konflik yang terjadi di keluarga Anda dapat mempengaruhi
prestasi belajar Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
16.
Apakah
orang tua Anda sudah memotivasi Anda dalam meningkatkan prestasi belajar Anda ?
a.
Sudah b. Belum c. Ragu-Ragu
17.
Apakah
Anda selalu belajar tanpa diingatkan orang tua Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
18.
Hubungan
yang terjalin dalam suatu keluarga, apakah dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
19.
Apakah pola asuh orang tua dapat berpengaruh
terhadap prestasi Anda?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-Ragu
20.
Apakah
orang tua anda selalu mendukung Anda supaya mendapatkan prestasi yang baik?
a.
Ya b. Tidak c. Ragu-ragu
0 komentar:
Posting Komentar