Pages

Jumat, 31 Januari 2014

Tips Menghilangkan Ketakuan Saat Menghadapi Ujian Nasional

Tips Menghilangkan Ketakuan Saat Menghadapi Ujian Nasional


Menghadapi Ujian Nasional
Bagi teman-teman yang masih sekolah, tentunya hal yang paling ditakuti adalah saat akan menghadapi ujian nasional (UN). Perasaan takut tidak lulus adalah salah satu pikiran yang selalu menghantui disetiap aktivitas anda. Bahkan bagi sebagaian orang ada yang jatuh sakit sebelum menghadapi ujian nasional. Ketakutan yang tinggi serta tekanan dari omongan banyak orang terus bergentayangan dibenak anda. Tentunya hal itu jika terus berlarut-larut dan tidak bisa anda atasi justru akan membuat anda gagal dalam menghadapi ujian nasional.
Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa ketakuan anda dalam menghadapi ujian nasional. Tetunya semua itu harus anda lakukan agar segala ketakutan anda tentang ujian nasional dapat dihilangkan sehingga anda dapat lebih fokus terhadap semua persiapan soal-soal yang akan anda kerjakan.
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan ketakutan saat menghadapi ujian nasional, semuanya bisa anda lakukan dengan mudah ketika anda memiliki mental dan keinginan yang sangat kuat untuk sukses dalam ujian nasional. Berikut adalah tips bagi anda yang akan menghadapi ujian nasional:
1. Berlatih Soal-Soal (Bukan Menghafal)
Bagi sebagian orang belajar sering kali dilakukan dengan cara menghafal materi-materi pelajaran. Tentunya hal itu akan membuat anda lelah dan jenuh. Bagi anda yang ingin sukses menghadapi ujian nasional lakukanlah dengan cara berlatih soal-soal sesuai dengan materi pelajaran yang akan diujikan. Dengan itu anda akan semakin terbiasa dengan pola-pola soal yang ada pada saat ujian nasional.
2. Mengubah Pola Pikir
Seperti yang telah saya sebutkan diatas, memiliki pola pikir yang takut gagal adalah salah besar. Selain mental anda down, pola pikir takut gagal juga membuat anda kurang bersemangat dan mudah putus asa untuk belajar dan tetunya hal tersebut akan membuat anda semakin ketakutan. Mulailah dari sekarang untuk membuang pikiran negatif tersebut, sehingga anda akan mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian nasioanl dengan baik.
3. Berdoa
Sebagai seorang yang beragama atau memiliki Tuhan, tentunya yang tidak boleh anda lupakan adalah berdoa. Berdoalah kepada Tuhan agar semangat anda semakin menyala-nyala, percaya dan yakin bahwa anda akan sukses dalam menghadapi ujian nasional.
4. Jagalah Kesehatan
Agar pada hari h ujian nasioanl nanti tidak jatuh sakit, tentunya anda juga harus menjaga kesehatan anda mulai dari jauh-jauh hari. Meskipun hanya sakit ringan seperti flu, tentunya hal itu akan sangat mengganggu aktivitas anda dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional. Untuk itu jagalah kesehatan anda dengan pola hidup sehat serta pola makan yang sehat.
5. Biasakan Sarapan Pagi
Ketika hari ujian nasioanl tiba, tentunya sebelum anda berangkat ke sekolah persiapkan kondisi fisik anda dengan jangan lupa untuk sarapan pagi. Karena dengan sarapan pagi akan menambah energi anda ketika nanti menghadapi soal-soal ujian nasional yang banyak dan cukup menantang.
Demikianlah tips dalam mengurangi ketakutan saat menghadapi ujian nasional, selamat mencoba dan semoga berhasil

Sumber : www.panduancara.com

0 komentar:

Posting Komentar